SKPL Sistem Informasi Hotel & SPA

Ini beberapa bagian SKPL atau SRS,, sorry nggak aku post semua :-D moga sedikit membantu :-) .. 
bagian lengkapnya harusnya ada :
Daftar Isi
Pendahuluan
1          Tujuan Penulisan Dokumen
2          Lingkup Masalah
3          Definisi, Istilah dan Singkatan
4          Aturan Penomoran
5          Referensi
6          Deskripsi umum Dokumen (Ikhtisar)
Deskripsi Umum Perangkat Lunak
1          Deskripsi Umum Sistem
2          Fungsi Produk
3          Karakteristik Pengguna
4          Batasan
5          Lingkungan Operasi
Deskripsi Umum Kebutuhan
1          Kebutuhan antarmuka eksternal
1.1      Antarmuka pemakai
1.2      Antarmuka komunikasi
2          Deskripsi Fungsional
2.1      Context Diagram
2.1.1         DFD level 0
2.1.2         DFD level 1
2.2      Data Dictionary / Kamus Data
3          Data  Requirement
3.1      E-R diagram
4          Non Functional Requirement
5          Batasan Perancangan
6          Kerunutan (traceability)
6.1      Data Store vs E-R
7          Ringkasan Kebutuhan
7.1      Functional Requirement Summary
7.2      Non Functional Requirement Summary
tapiii disiinnii aku bagii yang berikut ini ajja yaa ^_^
Abstrak
Proses pemesanan kamar Hotel dan paket SPA yang di sediakan oleh pihak managemen Hotel terkadang dirasa kurang cepat bila dilakukan dengan cara manual. Balian Hotel & SPA merupakan salah satu Hotel yang masih menggunakan sistem pemesanan secara manual yang belum menggunakan system yang terotamatisasi atau secara online. Berkembangnya Teknik Informasi memberikan pemacu kami untuk membuat sistem informasi hotel & SPA online guna mengautomatisasi proses pemesanan kamar hotel maupun pemesanan paket SPA yang tersedia di Balian Hotel & SPA.
Sistem Informasi Hotel & SPA Online menggunakan interface berbasis web, dan digunakan oleh empat pengguna. Empat pengguna tersebut diantaranya Customer, Operator, Manager serta Owner, Dimana Customer merupakan tamu hotel/pemesan kamar hotel, Operator merupakan orang yang mengelola sistem secara keseluruhan, Manager merupakan penanggung jawab operasional semua kegiatan di dalam hotel, dan Owner merupakan pemilik Balian Hotel & SPA. Yang dapat melakukan akses Informasi pada sistem ini adalah pengguna yang telah terdaftar pada sistem, sehingga dapat melakukan proses selanjutnya dengan lebih mudah. Oleh karenanya, penulis merancang dan membuat sistem informasi hotel & SPA pada Balian Hotel & SPA. Sistem ini dapat menerapkan RAD methodologies (throwaway prototyping) dalam pembangunannya, menggunakan bahasa pemograman PHP dan DBMS menggunakan MySQL.
Sistem informasi hotel & SPA ini diharapkan mampu lebih mengefisiensi waktu dan mempercepat transaksi. Serta memberikan informasi transaksi di dalam hotel kepada Owner dalam bentuk laporan.

Referensi
  1. Panduan Penggunaan dan Pengisian Spesifikasi Perangkat Lunak , Jurusan Teknik Informatika , ITS Surabaya2IEEE Std 830-1993, 
  2. IEEE Recommended Practice for Software Requirement Specification.
  3. Panduan Pengisian Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL) Berorientasi Proses, Jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung.
  4. SKPL-ELIF, Prodi Teknik Informatika, Universitas Brawijaya.
  5. SKPL-SMS, Prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Muria Kudus.
  6. SKPL-AKKSES, Jurusan Ilmu Komputer, Institut Pertanian Bogor

Deskripsi Umum Sistem

SIHS adalah perangkat lunak yang  merupakan sistem informasi digunakan untuk melakukan proses pemersanan / reservasi Hotel dan SPA, serta dapat menghasilkan sebuah laporan transaksi dan keuangan. Perangkat lunak ini berbasis web / online sistem. SIHS ini terdapat proses create, read, update, insert, dan  delete dari data Hotel & SPA, pendaftaran anggota,  pemesanan, konfirmasi pembayaran dan pembuatan laporan, dikembangkan dengan metode pemrograman prosedural. SIHS dapat menyimpan data reservasi dan secara otomasis memvalidasi  ketersediaan dari Hotel maupun Paket SPA.
Perangkat lunak ini dapat di jalankan di berbagai sistem operasi, dikarenakan berbasis web / online. Pengguna yang mendapatkan hak akses adalah pengguna yang  memiliki username dan password, dan terdaftar pada sistem.

Gambar 1. gambaran umum sistem
  
Pada SIHS Online terdapat 4 pengguna yang berperan di dalam sistem, antara lain customer, operator, manager dan owner. Customer merupakan pengunjung web / calon tamu untuk Balian Hotel & SPA, customer yang telah terdaftar dapat melakukan pemesanan kamar, paket SPA (reservasi). Operator bertugas untuk mengolah data pada sistem ataupun memantaince sistem yang ada pada aplikasi SIHS Online. Manager dapat memberikan informasi mengenai kamar hotel yang sedang promo ataupun paket SPA yang di berikan diskon, serta dapat melihat laporan keuangan dan laporan pesanan. Owner merupakan pemilik Balian Hotel & SPA, dimana owner dapat melihat laporan keuangan dan laporan pesanan yang terjadi pada sistem informasi Balian Hotel & SPA. Pengunjung yang tidak terdaftar tidak dapat melakukan pemesanan/reservasi

Gambar 2. Context Diagram

Dari Context Diagram diatas dibuat lah DFD sebagai berikut : (ini hanya DFD akhir / tidak dapat didekomposisi/diturunkan)
  
 Gambar 3. DFD

ERD
ERD yang dibut sesuaikan dengan data store yang dibutuhkan, atau sesuai dengan entity eksternal, biasanya berdasarkan datastore. yang saya buat saya sesuaikan dengan data store yang muncul pada DFD, berikut ERD :

Gambar 4. ERD

Kamus Data / Data Dictionary (DD)
DFD yang dapat dibuatkan kamus datanya adalah DFD yang tidak dapat didekomposisi (maksudnya, nggak bisa diturunkan jadi DFD dilevel berikutnya atau tidak ada proses di dalam proses tersebut). berikut Kamus Data dari DFD diatas : 
Gambar 5.Kamus Data

Tabel
Berikut adalah tabel yang terbentuk dari ERD diatas .. 

Gambar 6. Tabel

Sekian yang bisa saya bagii ..... semoga bermanfaat kawan ^_^

Komentar