Sederhana, 3 Anak Mahfud MD Sempat Tidak Dikenal, Berikut Biodata Mereka

Sejak diumumkan menjadi calon wakil presiden pendamping calon presiden Ganjar Pranowo pada tanggal 18 Oktober 2023, profil dan artikel keluarga Mahfud MD mulai bermunculan. Ganjar Pranowo dan Mahfud MD didaftarkan pada tanggal 19 Oktober 2023 oleh partai pengusung, yakni PDI Perjuangan, PPP, Partai Perindo, dan Partai Hanura ke Komisi Pemilihan Umum.

Putra Putri dari pasangan Mahfud MD dan istrinya Zaizatun Nihayati sempat tidak dikenali, karena dididik menjadi pribadi yang sederhana. Kini tiga anak Mahfud MD diketahui bernama Mohammad Ikhwan Zein, Vina Amalia, Royhan Akbar. 
Ketiganya sangat sederhana, dan sengaja tidak diberi fasilitas. Mahfud MD ingin anaknya menjadi pribadi yang tidak mengandalkan nama besar ayahnya, dan sukses karena jerih payah dan usaha mereka sendiri.
1. Mohammad Ikhwan Zein

Anak Pertama Mahfud MD akrab dipanggil ikhwan, kini menetap di Belanda bersama istri, dr Ukhti Jamil Rustiandi, dan seorang putrinya.

Mohammad Ikhwan Zein ini lahir pada 15 Maret 1984. Dilansir dari laman Universitas Negeri Yogyakarta, Muhammad Ikhwan Zein merupakan lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) jurusan Pendidikan Dokter.

Lalu ia mengambil pendidikan profesi di UGM dengan program studi profesi dokter umum. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Indonesia (UI) dengan program studi Ilmu Kedokteran Olahraga.

Kemudian ia mengambil jenjang S3 di University of Amsterdam Belanda dengan program Orthopedic & Sports Medicine. Pada 5 Desember 2010, Dosen Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta ini telah mempersunting Ukhti Jamil Rustiasari.

Dalam beberapa kesempatan ia sempat berpartisipasi di Piala Dunia 2022 di Qatar sebagai dokter spesialis olahraga.

Hal tersebut terlihat dari beberapa postingannya di instagram. Melalui laman instagram @doc_ikhwan.



2. Vina Amalia

Anak perempuan satu-satunya Mahfud-Zaizatun ini lahir pada 15 Juni 1989. Ia merupakan lulusan Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi dan Magister Kedokteran Klinik. Lalu, pada 2022 silam, ia baru dilantik menjadi dokter spesialis di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair).

Alasan lain mengambil Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik tidak lepas dari suaminya. Menjadi istri seorang dokter spesialis orthopaedi, mendorongnya mengambil spesialis ini sehingga dapat berkolaborasi dengan sang suami.


Kini Vina sudah memiliki dua orang putri, dan tinggal di Probolinggo bersama suami mengabdi di RSUD Probolinggo.

3. Royhan Akbar

Anak terakhir Mahfud Md-Zaizatun ini lahir pada 7 Februari 1991. Berdasarkan akun Linked-in pribadinya, ia merupakan lulusan dari Fakultas Hukum UGM. Berbeda memang dengan kedua kakaknya yang menjadi dokter. 

Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya di Columbia University mengambil program studi Bisnis Internasional di Jurusan Hukum. Kini, ia menjabat sebagai Dosen Hukum UGM dan Konsultan HHP Law Firm (anggota Baker & McKenzie International).

Selain itu, sosok Royhan juga dikenal sebagai pria yang menyukai sepak bola.


Ketiga Anak Mahfud dididik dengan cara yang bijak, dari hal itu bisa kita lihat bagaimana karakter pak Mahfud. Cara beliau bersikap yang tidak memihak keluarga, namun mengajarkan segala sesuatu harus dilakukan dengan perjuangan, dan proses. Tidak boleh mengandalkan orang lain, khususnya nama besar orang tua untuk mencapai kesuksesan.

Menurut saya tentang Hukum, Adab dan kecerdasan pak Mahfud MD tidak diragukan lagi. Sangat cocok memang untuk menjadi pendamping pemimpin negeri yang membutuhkan perubahan dinamika hukum dan keamanan. Sosok yang bijaksana dan berjiwa nasionalis.

Menurut kamu, bagaimana?

Komentar