contoh kasus etika profesi

Tugas Etika Profesi


Nama   : Bintari Susilowati
NIM    : 1008605065


Study kasus :
Yudi adalah seorang operator pada sebuah data center, suatu ketika ia dimintai tolong oleh pihak kepolisian untuk membuat list sejumlah data pribadi milik pelanggannya terkait suatu kasus pidana.
Berikan tanggapan saudara mengenai hal tersebut terkait pemahaman etika yang sudah dipresentasikan oleh panelis tadi.
Tanggapan yang diberikan dapat berupa penjelasan:
·         Apa yang harus Yudi lakukan?
·         Bagaimana pandangan saudara terkait etika dan moral akan kasus tersebut?

Tanggapan :
            Menurut saya kode etik bagi seorang profesional dalam profesi harus semaksimal mungkin diupayakan untuk diterapkan. Yudi seorang operator pada sebuah data center, tentunya Yudi harus menjaga dengan baik data-data yang ada pada data center tersebut dan tidak boleh menyebarkan kemanapun dan pada siapapun. Karena menjaga rahasia dari pelanggan adalah salah satu kode etik dari seorang operator pada sebuah data center.
            Namun pada kasus diatas, dinyatakan bahwa pihak kepolisian meminta list sejumlah data pribadi milik pelanggan yang terkait suatu kasus pidana. Pihak polisi pasti juga memiliki kode etik, disin pihak kepolisian sebagai pihak berwenang atas kasus pidana. Yudi harus menelaah dengan cermat bagaimana birokrasi yang diterapkan pada institusi/perusahaan tempat ia bekerja. Apabila memang telah sesuai, Yudi hanya boleh memberikan list data pribadi yang disepakati dari pelanggan yang terkena kasus pidana, tidak boleh semua data pelanggan. Selain itu sebagai warga negara yang baik, Yudi juga berhak ikut serta dalam membantu pihak berwajib untuk menyelesaikan kasus pidana tersebut dengan cara tidak mempersulit pihak kepolisian untuk mendapatkan data yang cukup dibutuhkan, namun harus tetap patuh pada peraturan yang ada.


ini hanya sebuah pendapat dari saya, bagaimana pendapat anda?

Komentar